Jamaah Masjid Al-Mabrur Lhokseumawe Ziarah ke Makam Tgk Chik Awe Geutah dan Makam Habib Bugak

Jamaah Masjid Al-Mabrur Lhokseumawe Ziarah ke Makam Tgk Chik Awe Geutah dan Makam Habib Bugak

Jamaah Masjid Al-Mabrur Meunasah Mesjid, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe, berziarah ke Makam Teungku Chik Awe Geutah, Peusangan Siblah Krueng, Kabupaten Bireuen. 

Kemudian juga ke Makam Habib Bugak, Kecamatan Jangka, Kabupaten Bireuen, Minggu (14/1/2024).

Adapun jamaah yang melakukan ziarah terdiri dari Imum Chik Masjid Al-Mabrur, Pengurus Badan Kemakmuran Mesjid (BKM) Masjid Al-Mabrur, Pengurus Remaja Masjid (RM) Masjid Al-Mabrur.

Kemudian Keuchik Gampong Meunasah Mesjid, Imum Gampong Meunasah Mesjid, dan jamaah Masjid Al-Mabrur lainnya. 

Ketua Rombongan Ziarah Masjid Al-Mabrur, Abiya Dr Ibrahim Qamarius, mengatakan dalam ziarah yang merupakan salah satu bentuk wisata religi itu, jamaah Masjid Al-Mabrur membaca samadiyah, tahlil, dan doa lainnya. 

Selain itu, para peziarah juga dapat merenung dan memetik hikmah dari peristiwa meninggalnya ahli kubur yang diziarahi, sebagaimana disampaikan oleh Imam Al-Ghazali.

Sebelumnya, jamaah Masjid Al-Mabrur juga sudah melakukan ziarah ke Makam Teungku Chik Di Paloh, pada saat pelaksanaan maulid akbar di Makam Teungku Di Paloh beberapa bulan yang lalu. 

"Insya Allah menjelang datangnya Bulan Suci Ramadhan, jamaah Masjid Al-Mabrur akan melaksanakan Ziarah ke Makam Malikussaleh (Malik As-Shalih) di Kecamatan Samudera, Kabupaten Aceh Utara.

Ziarah itu sekalian mengunjungi Monumen Islam Samudra Pasai dan Museum Samudera Pasai," kata Abiya Dr Ibrahim Qamarius yang juga Ketua Majelis Dzikir Samudra Pasai dan Pemimpin Dzikir setiap Jumat Subuh di Masjid Al-Mabrur.

Dipastikan juga, kegiatan ziarah ini akan dilakukan secara rutin ke makam-makam para ulama yang memiliki nilai sejarah dalam memperjuangkan atau menyebarkan agama Islam. (*)

Sumber: Aceh Tribunnews

Lebih baru Lebih lama